Psikologi Pendidikan: Kajian Kritis atas Pendekatan Behavioristik
Penulis:
Azra Fauzi, M.Pd., I Wayan Budiarta, M.Pd., Ni Nyoman Serma Adi, M.Pd., Md. Yudyantara Risadi, M.Pd., Prof. Dr. Ni Ketut Suarni, M.S., Kons., Prof. Dr. Kadek Suranata, S.Pd., M.Pd., Kons
Editor:
Prof. Dr. I Ketut Gading, M.PSi
Buku ini mengajak pembaca menyelami dunia psikologi
pendidikan dari sudut pandang yang lebih kritis dan reflektif. Selama
bertahun-tahun, pendekatan behavioristik mendominasi ruang-ruang kelas,
menempatkan peserta didik sebagai objek pembentukan perilaku yang bisa
dikontrol melalui hadiah dan hukuman. Namun, apakah belajar semata tentang
respons terhadap stimulus?
Melalui uraian yang tajam dan mudah dipahami, penulis
menelusuri akar teori behaviorisme dari tokoh-tokoh seperti Pavlov, Thorndike,
Watson, dan Skinner, lalu menimbang kembali relevansinya di era pendidikan
modern yang menuntut kreativitas, kesadaran diri, dan pembelajaran bermakna.
Buku ini tidak hanya menyajikan teori, tetapi juga kritik
dan refleksi aplikatif terhadap praktik pendidikan yang masih berorientasi pada
pengulangan dan disiplin mekanistik. Dengan gaya yang lugas, penulis mengajak
guru, calon pendidik, dan mahasiswa untuk berpikir ulang: bagaimana seharusnya
pendidikan memperlakukan manusia—sebagai makhluk yang belajar karena makna,
bukan sekadar karena stimulus.
“Psikologi Pendidikan: Kajian Kritis atas Pendekatan
Behavioristik” adalah bacaan penting bagi siapa pun yang ingin memahami
kembali hakikat belajar dan mengajar dalam perspektif yang lebih manusiawi.
Ukuran: 15X23 Cm
Jumlah Halaman: 150
ISBN: _____


Posting Komentar
0 Komentar