Psikologi Pendidikan: Kajian Kritis atas Pendekatan Behavioristik

 

Penulis: 
Azra Fauzi, M.Pd., I Wayan Budiarta, M.Pd., Ni Nyoman Serma Adi, M.Pd., Md. Yudyantara Risadi, M.Pd., Prof. Dr. Ni Ketut Suarni, M.S., Kons., Prof. Dr. Kadek Suranata, S.Pd., M.Pd., Kons
Editor: 
Prof. Dr. I Ketut Gading, M.PSi

Buku ini mengajak pembaca menyelami dunia psikologi pendidikan dari sudut pandang yang lebih kritis dan reflektif. Selama bertahun-tahun, pendekatan behavioristik mendominasi ruang-ruang kelas, menempatkan peserta didik sebagai objek pembentukan perilaku yang bisa dikontrol melalui hadiah dan hukuman. Namun, apakah belajar semata tentang respons terhadap stimulus?

Melalui uraian yang tajam dan mudah dipahami, penulis menelusuri akar teori behaviorisme dari tokoh-tokoh seperti Pavlov, Thorndike, Watson, dan Skinner, lalu menimbang kembali relevansinya di era pendidikan modern yang menuntut kreativitas, kesadaran diri, dan pembelajaran bermakna.

Buku ini tidak hanya menyajikan teori, tetapi juga kritik dan refleksi aplikatif terhadap praktik pendidikan yang masih berorientasi pada pengulangan dan disiplin mekanistik. Dengan gaya yang lugas, penulis mengajak guru, calon pendidik, dan mahasiswa untuk berpikir ulang: bagaimana seharusnya pendidikan memperlakukan manusia—sebagai makhluk yang belajar karena makna, bukan sekadar karena stimulus.

Psikologi Pendidikan: Kajian Kritis atas Pendekatan Behavioristik” adalah bacaan penting bagi siapa pun yang ingin memahami kembali hakikat belajar dan mengajar dalam perspektif yang lebih manusiawi.

Ukuran: 15X23 Cm

Jumlah Halaman: 150

ISBN: _____


Posting Komentar

0 Komentar