Konstruksi Pluralisme Agama Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

 

Penulis: ILYAS YASIN, S.Ag, M.MPd.

Editor: Fahrudin, M.Ag

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang diterapkan guru di sekolah memiliki peran penting dalam membentuk pandangan, sikap dan perilaku siswa muslim dalam merespon realitas kemajemukan agama, termasuk ketika membangun interaksi dengan sesama siswa yang berbeda agama.  Idealnya perbedaan agama juga tidak boleh dijadikan sebagai alasan, apalagi pembenar, untuk berlaku diskriminatif dalam interaksi sosial khususnya di dunia pendidikan. Sebaliknya, perbedaan agama (religious diversity) harus menjadi modal sosial dalam membangun peradaban bangsa yang humanis, inklusif serta hubungan sosial yang setara.

Tetapi  bagaimana guru PAI memahami nilai-nilai pluralisme agama dalam menjalankan tugas-tugas profesional maupun kehidupan pribadi? Bagaimana guru PAI menerapkan nilai-nilai pluralisme agama dalam praktik pembelajaran kepada siswa? Bagaimana pula siswa memahami nilai-nilai pluralisme agama yang diajarkan guru PAI dan mempraktikkannya dalam pergaulan?  Beberapa pertanyaan itulah yang hendak dijawab dalam buku yang berasal dari  riset empiris penulisnya ini.

Ukuran: 13x 19 cm
Tebal: 110 hlm
ISBN:____

Posting Komentar

0 Komentar