Konstruksi Pluralisme Agama Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Penulis: ILYAS YASIN, S.Ag, M.MPd.
Editor: Fahrudin, M.Ag
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
(PAI) yang diterapkan guru di sekolah memiliki peran penting dalam membentuk
pandangan, sikap dan perilaku siswa muslim dalam merespon realitas kemajemukan
agama, termasuk ketika membangun interaksi dengan sesama siswa yang berbeda
agama. Idealnya perbedaan agama juga
tidak boleh dijadikan sebagai alasan, apalagi pembenar, untuk berlaku
diskriminatif dalam interaksi sosial khususnya di dunia pendidikan. Sebaliknya,
perbedaan agama (religious diversity)
harus menjadi modal sosial dalam membangun peradaban bangsa yang humanis,
inklusif serta hubungan sosial yang setara.
Tetapi bagaimana guru PAI memahami nilai-nilai
pluralisme agama dalam menjalankan tugas-tugas profesional maupun kehidupan
pribadi? Bagaimana guru PAI menerapkan nilai-nilai pluralisme agama dalam
praktik pembelajaran kepada siswa? Bagaimana pula siswa memahami nilai-nilai
pluralisme agama yang diajarkan guru PAI dan mempraktikkannya dalam
pergaulan? Beberapa pertanyaan itulah
yang hendak dijawab dalam buku yang berasal dari riset empiris penulisnya ini.
Ukuran: 13x 19 cm
Tebal: 110 hlm
ISBN:____
Posting Komentar
0 Komentar