Konstruksi Model Pembelajaran Saintifik dalam Kurikulum PAUD
Penulis: Laily Fitriani, M.Pd., Rokyal Harjanty, M.Pd., Fithrii Muzdalifah, M.Pd
Editor: Fahrudin
Bayangkan
ruang kelas PAUD yang bukan sekadar tempat bermain, tapi juga ruang eksplorasi ide,
rasa ingin tahu, dan penemuan kecil yang menumbuhkan karakter ilmiah sejak
dini.
Buku ini adalah peta intelektual sekaligus panduan praktis bagi para pendidik
yang ingin membangun model pembelajaran saintifik dalam kerangka
Kurikulum PAUD Indonesia.
Berangkat dari teori
pendidikan progresif hingga praktik nyata di lapangan, buku ini membongkar
bagaimana pendekatan saintifik dapat dikonstruksi secara sistematis dan
kontekstual. Mengamati, menanya, mengeksplorasi, menalar, dan
mengomunikasikan—kelima prinsip saintifik itu tak sekadar slogan, tapi menjadi
ruh dalam setiap aktivitas pembelajaran anak usia dini.
Di tengah tuntutan
kurikulum dan tantangan implementasi di berbagai lembaga PAUD, buku ini
menawarkan strategi, inspirasi, dan refleksi bagi guru, dosen, mahasiswa,
hingga pembuat kebijakan. Inilah karya
yang memadukan kekuatan teori dan kekayaan praktik—untuk menjawab satu
pertanyaan penting: bagaimana menjadikan anak-anak kita ilmuwan kecil yang
bahagia sejak usia dini?
Ukuran: 14X21 Cm
Jumlah Halaman: 100
Posting Komentar
0 Komentar