Pengembangan Model Project Based Learning (PjBL) berbasis Etno-STEM dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar

 

Penulis: DEWI SARTIKA, M.Pd., MIKRAYANTI, M.Pd., ALIMUDIN., AFAN JULKARNAIN

Editor: DEWI SARTIKA, M.Pd

Pengembangan Model Project Based Learning (PjBL) berbasis Etno-STEM dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar ini dapat diselesaikan dengan baik. Modul ini disusun sebagai acuan praktis bagi pendidik dalam merancang pembelajaran berbasis proyek yang mengintegrasikan kearifan lokal (etnosains) dengan pendekatan STEM, sehingga pembelajaran lebih kontekstual, relevan, dan mampu menumbuhkan keterampilan literasi serta numerasi peserta didik.

Penyusunan modul ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan inovasi pembelajaran yang tidak hanya menekankan pemahaman konsep sains dan teknologi, tetapi juga menanamkan karakter, identitas budaya, dan nilai-nilai kearifan lokal. Melalui pendekatan Etno-STEM, diharapkan proses belajar mengajar dapat memperkuat Profil Pelajar Pancasila sekaligus mempersiapkan generasi yang adaptif menghadapi tantangan abad ke-21.

Kami menyadari sepenuhnya bahwa modul ini masih memerlukan penyempurnaan. Oleh karena itu, saran dan masukan konstruktif dari para pendidik, praktisi, maupun pembaca sangat diharapkan guna penyempurnaan modul di masa mendatang. Semoga modul ini dapat memberikan manfaat nyata bagi peningkatan mutu pembelajaran di sekolah dan menjadi referensi dalam pengembangan model PjBL berbasis kearifan lokal.

Ukuran: 15x23 cm
Jumlah Halaman: 104
ISBN:____

Posting Komentar

0 Komentar