Pengembangan Model Project Based Learning (PjBL) berbasis Etno-STEM dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar
Penulis: DEWI SARTIKA, M.Pd., MIKRAYANTI, M.Pd., ALIMUDIN., AFAN JULKARNAIN
Editor: DEWI SARTIKA, M.Pd
Pengembangan Model Project Based Learning (PjBL) berbasis
Etno-STEM dalam Meningkatkan Literasi dan Numerasi di Sekolah Dasar ini dapat diselesaikan dengan baik. Modul ini disusun
sebagai acuan praktis bagi pendidik dalam merancang pembelajaran berbasis
proyek yang mengintegrasikan kearifan lokal (etnosains) dengan
pendekatan STEM, sehingga pembelajaran lebih kontekstual, relevan, dan mampu
menumbuhkan keterampilan literasi serta numerasi peserta didik.
Penyusunan modul ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan inovasi pembelajaran
yang tidak hanya menekankan pemahaman konsep sains dan teknologi, tetapi juga
menanamkan karakter, identitas budaya, dan nilai-nilai kearifan lokal. Melalui
pendekatan Etno-STEM, diharapkan proses belajar mengajar dapat memperkuat
Profil Pelajar Pancasila sekaligus mempersiapkan generasi yang adaptif menghadapi
tantangan abad ke-21.
Kami menyadari sepenuhnya bahwa modul ini masih memerlukan penyempurnaan.
Oleh karena itu, saran dan masukan konstruktif dari para pendidik, praktisi,
maupun pembaca sangat diharapkan guna penyempurnaan modul di masa mendatang.
Semoga modul ini dapat memberikan manfaat nyata bagi peningkatan mutu
pembelajaran di sekolah dan menjadi referensi dalam pengembangan model PjBL
berbasis kearifan lokal.
Ukuran: 15x23 cm
Jumlah Halaman: 104
ISBN:____


Posting Komentar
0 Komentar