Transformasi Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Kurikulum 2013 di Tingkat SMA

 

Penulis: Arif Bulan, M.Pd., Risca Ariska Ramadhan, M.Pd., Rusdin, M.Pd
Editor: Mardiah, M.Pd

Buku ini mengupas secara kritis dan mendalam bagaimana Kurikulum 2013 diimplementasikan dalam tiga aspek penting, yakni perencanaan pembelajaran, proses pelaksanaan pembelajaran, serta penilaian hasil belajar. Selain itu, buku ini juga menyoroti berbagai tantangan yang dihadapi para guru dalam menerapkan kurikulum tersebut, serta berbagai strategi dan upaya yang mereka lakukan untuk mengatasinya.

Secara umum, hasil penelitian yang menjadi dasar buku ini menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Bahasa Inggris di SMAN berada dalam kategori sangat baik. Pertama, dalam aspek perencanaan pembelajaran, para guru telah menunjukkan komitmen yang tinggi. Dengan skor rata-rata sebesar 3,6, dapat disimpulkan bahwa perencanaan telah disusun sesuai prinsip-prinsip penyusunan RPP yang ditetapkan dalam Kurikulum 2013. Guru telah menyusun program tahunan, program semester, silabus, hingga RPP yang mencerminkan arah pembelajaran yang sistematis dan berbasis kompetensi.

Kedua, pada aspek proses pembelajaran, rata-rata tingkat pelaksanaannya mencapai 75%. Hal ini mengindikasikan bahwa kegiatan pembelajaran berlangsung sesuai dengan standar proses yang ditetapkan dalam Kurikulum 2013. Pendekatan ilmiah (saintifik), model pembelajaran berbasis aktivitas, serta peran aktif siswa menjadi fokus utama dalam pelaksanaan kegiatan belajar di kelas.

Ketiga, dari sisi penilaian pembelajaran, skor rata-rata sebesar 3,5 menunjukkan bahwa guru telah berusaha menerapkan standar penilaian pendidikan secara konsisten. Penilaian tidak hanya berfokus pada aspek kognitif, tetapi juga mencakup penilaian sikap dan keterampilan yang menjadi ciri khas Kurikulum 2013. Penilaian autentik mulai diterapkan, meskipun masih dihadapkan pada beberapa kendala teknis dan keterbatasan sumber daya.

Ukuran: 21X14 cm
Tebal: 114 
ISBN:____

Posting Komentar

0 Komentar